2008年1月14日月曜日


Yayati (Sansekerta: ययाति) adalah putra raja Nahusha dari ibu bernama Priyambada (Sansekerta: Priyamvada). Raja Yayati memiliki dua orang istri yaitu Dewayani, putri dari Mahaguru Sukra dan Sarmishta, putri dari Raja Wrishaparwa. Sarmishta adalah pelayan dan juga sahabat dari Dewayani. Dari pernikahan ini, Yayati memiliki lima orang putra, dua dari Dewayani, yaitu: Yadu dan Turwasu, sedangkan dari Sarmishta, Yayati memiliki tiga orang yaitu: Druhyu, Anu dan Puru .

Kisah Maharaja Yayati dalam Mahābhārata

Keturunan Sang Raja
Dari hasil perkawinannya, Maharaja Yayati dan Dewayani dikaruniai dua orang putera, yang sulung diberi nama Yadu dan yang bungsu diberi nama Tuwasu. Amat bahagia Sang Raja menyambut buah hatinya tersebut. Suatu ketika, Sarmishta mendekati Raja Yayati yang sedang duduk sendirian di taman. Ia membujuk Sang Raja agar mau mengawininya. Sang Raja menolak, namun selalu dirayu oleh Sarmishta. Karena rayuannya berhasil, Sang Raja mengingkari janji pernikahannya dan memuaskan nafsunya kepada Sarmishta. Dari hasil perkawinannya, Sang Raja memiliki putera lagi, jumlahnya tiga orang. Yang sulung diberi nama Druhyu, yang tengah diberi nama Anu, yang bungsu diberi nama Puru. Ketiga-tiganya berparas mirip dengan Sang Raja.

Kutukan atas pengkhianatan
Pada suatu ketika, Dewayani melihat di taman ada tiga orang anak yang wajahnya mirip dengan suaminya, Raja Yayati. Dewayani pun menanyakan ayah mereka. Ketiga anak tersebut menunjuk ke arah Raja Yayati. Dewayani yang merasa sakit hati, lari mengadu kepada ayahnya, Mahaguru Sukra. Ia mengatakan bahwa Maharaja sudah mengingkari janjinya. Mahaguru Sukra kemudian mengutuk Raja Yayati agar menjadi tua lebih cepat, tua sebelum usia yang wajar. Mendengar kutukan tersebut, Sang Raja menjadi takut dan memohon agar mertuanya menarik kembali kutukannya. Hal itu tak dapat dilakukan, namun salah satu puteranya dapat mewakilinya untuk menerima kutukan tersebut. Kemudian dipanggilah kelima puteranya.
Putera pertamanya, Sang Yadu, menolak, maka ayahnya marah dan tak mewarisi tahta kerajaan kepada Sang Yadu. Berturut-turut: Tuwasu, Druhyu, Anu, semuanya menolak. Mereka juga tidak berhak mewarisi kerajaan ayahnya. Hanya Sang Puru yang bersedia menanggung kutukan yang ditimpa kepada ayahnya. Ayahnya sangat senang dan menganugerahi Sang Puru bahwa setelah 1000 tahun ia mengalami usia tua, maka ia dapat menikmati masa mudanya kembali. Keturunan Sang Puru-lah yang akan menurunkan Para Raja yang menjadi leluhur Pandawa dan Korawa. Kemudian Raja Yayati menikamati masa mudanya kembali dengan Dewayani dan menurunkan seorang puteri diberi nama Madhawi.

Yayati Silsilah Keturunaan Raja Yayati

0 件のコメント: