2007年11月19日月曜日



Artikel ini perlu dirapikan agar memenuhi standar WikipediaTaman Madya Merapikan artikel bisa berupa membagi artikel ke dalam paragraf atau wikifisasi artikel. Setelah dirapikan, tolong hapus pesan ini.
Taman Siswa adalah jenis sekolah yang didirikan oleh Ki Hadjar Dewantara pada tanggal 3 Juli tahun 1922 di Yogyakarta (Taman berarti tempat bermain dan tempat belajar, Siswa mempunyai arti murid). Pada waktu pertama kali didirikan, sekolah ini diberi nama "National Onderwijs Institut Taman Siswa", dan direalisasikan bersama-sama dengan teman-teman beliau di paguyuban Sloso Kliwonan. Sekolah Taman Siswa ini berpusat di Ibu Pawiyatan (Majelis Luhur) di jalan Taman Siswa, Yogyakarta, dan mempunyai sekolah cabang di banyak kota (129 cabang) di seluruh Indonesia sampai sekarang.
Prinsip dasar dalam pendidikan Taman Siswa yang sudah tidak asing di telinga kita adalah: Ing Ngarso Sung Tulodo (di depan kita memberi contoh), Ing Madya Mangun Karso (di tengah membangun prakarsa dan bekerja sama) dan Tut Wuri Handayani (dari belakang memberi daya-semangat dan dorongan). Ketiga prinsip pendidikan ini sampai sekarang masih terus menjadi panduan dan pedoman dalam dunia pendidikan di Indonesia.
Nama masing-masing tingkatan dalam sekolah Taman Siswa adalah:
Taman Indria atau Taman kanak-kanak (TK)
Taman Muda atau Sekolah Dasar (SD)
Taman Dewasa atau SMP
Taman Madya atau SMA
Taman Guru atau Sarjana Wiyata atau Universitas.

0 件のコメント: