2007年11月29日木曜日


 - Total (perk. 2005)  - Kepadatan
3.826.018LibanonLibanon 358/km²
Republik Lebanon adalah sebuah negara di Timur Tengah, sepanjang Laut Tengah, dan berbatasan dengan Suriah di utara dan timur, dan Israel di selatan. Bendera Lebanon menampilkan sebuah pohon aras berwarna hijau dengan latar belakang putih, diapit oleh dua garis merah horisontal di atas dan bawahnya. Karena keanekaragamannya yang sektarian, Lebanon menganut sebuah sistem politik khusus, yang dikenal sebagai konfesionalisme, yang dimaksudkan untuk membagi-bagi kekuasaan semerata mungkin di antara aliran-aliran agama yang berbeda-beda. Namun, Perang Lebanon 2006 menimbulkan korban sipil dan militer, kerusakan hebat pada infrastruktur sipil, dan pengungsian besar-besaran dari 12 Juli 2006 hingga gencatan senjata diberlakukan pada 14 Agustus 2006. Pada September 2006, pemerintah Lebanon telah memberlakukan rencana pemulihan awal yang ditujukan untuk membangun kembali properti yang dihancurkan oleh serangan-serangan Israel di Beirut, Tirus, dan desa-desa lainnya di Lebanon selatan.

Etimologi
Nama Lebanon ("Lubnān" dalam bahasa Arab standar; "Lebnan" atau "Lebnèn" dalam dialek setempat) berasal dari akar bahasa Semit "LBN", yang terkait dengan sejumlah makna yang berhubungan erat dalam berbagai bahasa, seperti misalya putih dan susu.

Geografi

Artikel utama: Geografi Lebanon Pembagian administrasi
Templat:Seealso Lebanon dibagi menjadi enam gubernuran (mohaafazaat, bahasa Arab محافظات —tunggal mohafazah, bahasa Arab محافظة) yang lebih lanjut dibagi ke dalam 25 distrik (aqdya—tunggal: qadaa). Distrik-distrik ini sendiri juga dibagi ke dalam sejumlah munisipal, masing-masing mencakup sekelompok kota atau desa. Gubernuran dan masing-masing distriknya didaftarkan di bawah ini:
Gubernuran Beirut tidak dibagi ke dalam distrik-distrik, dan dibatasi hanya pada kota Beirut.

Nabatieh
Hasbaya
Marjeyoun
Bint Jbeil
Hermel
Baalbek
Zahle
Beqaa Barat (al-Beqaa al-Gharbi)
Rashaya
Akkar
Tripoli (lihat Tripoli, Lebanon)
Zgharta
Bsharri
Batroun
Koura
Miniyeh-Danniyeh
Jbeil
Kesrwan
Matn
Baabda
Aley
Chouf
Sidon (Saida)
Tirus (Sur)
Jezzine Demografi

Artikel utama: Demografi Lebanon

0 件のコメント: