2007年11月25日日曜日


gnuplot adalah suatu program perintah-baris fleksibel yang dapat digunakan untuk menghasilkan baik grafik dua maupun tiga dimensi. Program ini umumnya dapat berjalan hampir pada semua jenis komputer dan sistem operasi, walaupun pada awalnya ia diturunkan dari program yang berasal dari sistem operasi Unix. gnuplot dapat dikatakan sebagai suatu program yang telah memiliki sejarah panjang, boleh dikatakan sejak tahun 1986.
gnuplot dapat menghasilkan keluaran langsung ke layar, sebagaimana pula ia dapat menghasilkan keluaran dalam bentuk berkas grafik dengan beragam format. Diantara format-format yang didukung adalah PNG, EPS, SVG, JPEG, LaTeX, PostScript, PDF, GIF, CorelDraw dan banyak format lainnya.

Gnuplot Mode pemakaian
Program ini dapat digunakan dalam mode interaktif yang melibatkan mouse ataupun dalam mode batch menggunakan skrip. Untuk cara yang pertama, pada terminal atau baris perintah cukup ketikkan perintah 'gnuplot' untuk menjalankannya.
Sedangkan untuk yang kedua, perlu terlebih dahulu dibuat suatu berkas skrip dengan format teks polos berisikan perintah-perintah yang tadinya ingin diketikkan secara langsung pada baris perintah.
Dengan menggunakan mode yang terakhir ini pemakai tidak lagi perlu untuk menuliskan perintah-perintah yang sering digunakan. Perintah-perintah tersebut cukup dituliskan dalam berkas skrip dan siap diajalankan berulang-ulang. Ini merupakan salah satu kelebihan dari gnuplot dibandingkan piranti lunak pembuat grafik lain yang umumnya berbasis grafik. Karena kelebihannya ini, selain pula dapat menangani berkas data dalam ukuran yang besar, gnuplot banyak diminati dalam dunia saintifik. Sebagai contoh, apabila misalnya ingin menggambarkan suatu grafik y = x + 2x + 3 dalam berkas gambar dengan format PNG berukuran 640 480 dengan hasil keluaran disimpan dalam berkas 'grafik.png', cukup tuliskan perintah-perintah berikut dalam berkas 'skrip.txt'. Nama berkas bisa bebas.
Apabila skrip ini dijalankan lingkungan mode interaktif tidak akan dibuka, melainkan langsung dihasilkan berkas 'grafik.png' yang merupakan hasil penggambaran. Berkas skrip dapat pula dipanggil dalam lingkungan interaktif gnuplot, untuk itu dipergunakan perintah 'load'.
Cara ini dapat digolongkan campuran dari kedua mode.

0 件のコメント: